Translate

Simulasi Kredit Motor

Kalkulator Kredit Motor

Kalkulator Kredit Motor













Pilih Mana, Injeksi atau Karburator?

Pilih Mana, Injeksi atau Karburator? - Hallo sahabat ALEX APPAREL MOTOR SPORT, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pilih Mana, Injeksi atau Karburator?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel artikel mekanik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pilih Mana, Injeksi atau Karburator?
link : Pilih Mana, Injeksi atau Karburator?

Baca juga


Pilih Mana, Injeksi atau Karburator?


Ilustrasi
Teknologi injeksi pada sepeda motor bukanlah hal baru, karena teknologi ini sudah terlebih dahulu digunakan pada mobil. Teknologi injeksi merupakan sebuah teknologi untuk meningkatkan kinerja mesin pembakaran dengan mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.
Teknologi ini pada dasarnya sama dengan karburator karena mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian menyalurkannya kedalam ruang bakar. Meski begitu keduanya tetap memiliki prinsip kerja yang berbeda.

Bedanya hanya pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. Injeksi, sudah menggunakan metode elektronik seperti injektor yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar, sedangkan karburator masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder.

Menariknya lagi, sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga hasil pembakaran efisien. Dengan hasil pembakaran yang efisien atau hemat, maka minimal dapat menghemat pengeluaran.

Hal ini senada sekali dengan kebutuhan sehari-hari yang menuntut lebih berhemat dan senantiasa menjaga kelestarian alam. Berbagai tuntutan itu tidak dapat kita hindari karena pemerintah telah merencanakan adanya pembatasan BBM (Bahan Bakar Minyak) subsidi dan non subsidi, kenaikan tagihan-tagihan dan sebagainya.

Permasalahan tersebut lebih baik menjadi tolak ukur kita bersama dalam merencanakan segala aktivitas dan kebutuhan. Selain lebih hemat, dengan teknologi injeksi secara tidak langsung telah berpartisipasi dalam menjaga alam sekitar karena pembakaran yang didapatkan dari system ini adalah pembakaran sempurna yang menghasilkan kadar emisi gas buang yang bersih. Jadi motor pun akan lebih ramah lingkungan sesuai dengan peraturan emisi gas buang.

Motor dengan teknologi injeksi tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga respontif. Hal ini terjadi dikarenakan saluran bensin yang menuju injector bertekanan 2,5 – 3 kg/cm2. Berhubung diameternya yang sangat kecil; saat listrik dari Electronic Control Unit (ECU) menghidupkan injektor, maka bensin yang menyembur seperti kabut.

Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang homogen serta perbandingan yang ideal. Dibantu mutu api yang bagus akan menghasilkan pembakaran sempurna, sehingga tarikan pun akan lebih responsif sesuai perubahan katup gas.

Motor semakin mudah perawatannya. Berbeda dengan motor yang masih menggunakan karburator , yang masih menggunakan cara manual seperti buka-tutup skep dan lain-lain. Motor dengan teknologi injeksi sudah menggunakan perangkat eloktronik dalam pengaturannya, sehingga akan lebih efektif dan efisien.

Mesin mogok, macet dan semacamnya, mungkin ini merupakan pengalaman yang pernah kita alami dengan motor yang bersistem karburator. Berbeda dengan mesin yang menggunakan teknologi injeksi, mesin mudah dihidupkan tanpa terpengaruh kondisi cuaca.

Pada kondisi dingin, menghidupkan mesin berkarburator dibutuhkan campuran yang lebih dengan menarik cuk. Cara manual ini tak lagi diperlukan pada motor injeksi karena sudah dilengkapi sensor temperatur mesin serta sensor temperatur udara masuk.

Saat menghidupkan mesin dan kondisi dingin, secara otomatis jumlah semprotan bensin ditambah. Sehingga mesin mudah dihidupkan dalam kondisi apa pun dan tidak terpengaruh kondisi cuaca.
Syallom Yamaha Semakin Di depan......
By : Matheus Hartono


Demikianlah Artikel Pilih Mana, Injeksi atau Karburator?

Sekianlah artikel Pilih Mana, Injeksi atau Karburator? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pilih Mana, Injeksi atau Karburator? dengan alamat link https://cibitungmotorclub.blogspot.com/2013/04/pilih-mana-injeksi-atau-karburator.html

0 Response to "Pilih Mana, Injeksi atau Karburator?"

Posting Komentar