Judul : Kelistrikan Pada Fuel Injection (FI)
link : Kelistrikan Pada Fuel Injection (FI)
Kelistrikan Pada Fuel Injection (FI)
Kenali Masalah Biar Nggak Bikin Masalah
Sumber listrik yang dihasilkan dari accu (aki) pada motor injeksi, berperan penting menunjang mobilitas motor. Banyak kasus seperti, aki drop, spul terbakar, Power motor terasa tersendat-sendat dan sebagainya, terjadi karena Bradecis asal pasang part ini, tanpa menghitung besaran arus yang dibutuhkan.
Menurut Abful rahman, Kepala Mekanik Dealer Yamaha Arta Prima, asal pasang aki, berakibat kinerja motor drop atau minimal powernya tersendat-sendat. "fatalnya kalau spul terbakar atau lainnya, berarti harus jajan lagi dan itu nggak murah," tegasnya. Berikut beberapa catatan penting, mencegah masalah kelistrikan yang sering Terjadi pada motor bergenreFuel Injection (FI), seperti Yamaha Vixion.
1. Part Standar
Setiap pabrikan sudah menghitung kebutuhan produknya, termaksud antisipasi penggunaan dan pemakaian yang ekstrem. Terutama untuk motor pintar berbasis FI, penggunaan part yang nggak standar pabrikan, akan sulit untuk mendeteksi kerusakan. "Sangat disarankan menggunakan pemakaian listrik sesuai dengan part aslinya. Jika yang terpasang masih aki standar bawaan motor, pergunakanlah untuk kebutuhan yang standar juga," papar Abdul Rahman.
2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Penggunaan
Penggunaan part yang nggak standar hingga penggunaan aksesoris yang membuat konsumsi listrik lebih besar seperti pengunaan Strobo, lampu LED, Sirine, Rotator dan lainya, semestinya menggunakan aki yang memiliki kekuatan lebih besar lagi. "Untuk penggunaan aksesoris seperti itu, bikers mesti bijak. Sebab listriknya. Jadi kudu diimbangi dengan upgrade aki. Itu secara teknis. nah, secara hukum pemakaian itu pada dasarnya dilarang, sesuai pasal 59 undang-undang no.22 tahun 2009, pp no.44 tahun 1993 tentang kendaraan dan pengemudi pasal 65,66 dan 67," jelas Edi Purwanto, Mekanik Bengkel Vixion Independent Club Bogor dan punggawa Forum Keselamatan Jalan Bersama (FKJB).
3. Lakukan Pengukuran
Aki juga perlu perawatan agar daya yang dihasilkan sesuai dengan konsumsi pengguna. Salah satu bentuk perawatan itu antara lain, melakukan pengukuran tegangan pengisian dan tegangan aku secara rutin." Tegangan pengisian aki standar antara 14 volt di 2000rpm dengan tegangan pemeriksaan kerusakan pada aki atau sistem pengisian," jelas Edi.
4. Cek sekring dan fungsi kelistrikan lainnya
Demikianlah Artikel Kelistrikan Pada Fuel Injection (FI)
Sekianlah artikel Kelistrikan Pada Fuel Injection (FI) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Kelistrikan Pada Fuel Injection (FI) dengan alamat link https://cibitungmotorclub.blogspot.com/2014/07/kelistrikan-pada-fuel-injection-fi.html
terimakasih informasinya sangat bermanfaat
BalasHapusSkring bawaan warna apa untuk mio soul gt
BalasHapus